Fungsi Blog Untuk PR

ARTIKEL
Fungsi Blog Untuk PR (Public Relations)
            Dalam era konvergensi media seperti saat ini, situs jejaring sosial dinilai memiliki kekuatan yang besar dalam mempersuasi masyarakat. Selain itu situs jejaring sosial juga dapat dikategorikan sebagai alat publisitas yang efektif dalam membuat strategi branding, membangun citra, Salah satu media jejaring social yang membantu PR dalam membangun citra positif perusahaan dan memperkenalkan profil, serta produk perusahaan adalah blog. Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah sebuah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Namun demikian, penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin menjadi sesuatu yang wajib.
 Berikut diantaranya fungsi Blog bagi Publik Relations :
  •   Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan. Bagi perusahaan (dan juga personal).
  • Blog untuk PR dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya. 
  • Tugas PR dalam  Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar.
  • Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.
Pemanfaatan media sosial dengan baik, akan membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan public relations sebuah perusahaan. Media sosial merupakan kendaraan hebat untuk membawa dan menyebarkan pesan akan citra,brand atau layanan kepada jutaan konsumen dunia maya. Sebagai seorang PR,tentunya harus cukup pintar dalam menggunakan situs jejarng social,yang bisa membentuk image positif tidak hanya image personal,tetapi sekaligus image positif perusahaan.




1 komentar:

parvanibackus mengatakan...

Harrah's Resort Southern California | Casino & Hotel - KTNV
Harrah's Resort Southern 경상남도 출장마사지 California, 군포 출장샵 located in Funner, offers 2100 of the hottest slot machines, 인천광역 출장안마 110 table games, 목포 출장샵 and a variety of table 경산 출장안마 games.

Posting Komentar